Kamis, 20 Maret 2014

Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Pada postingan kali ini aku pengen berbagi tentang definisi hasil belajar menerut para ahli. Somoga bisa jadi referensi teman-teman yang lagi butuh landasan teoritis tentang hasil belajar...
Selain itu aku juga menyediakan link untuk mendownload definisi tersebut dalm bentuk PDF, tidak lupa aku juga ngasi daftar pustakanya loh.  Semoga ini bisa bermanfaat...


 


 Implementasi dari belajar adalah hasil belajar. Berikut di kemukakan defenisi hasil belajar menurut para ahli
  1. Dimyati dan Mudjiono (2006) hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka-angka atau skor setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran. Nilai yang diperoleh siswa menjadi acuan untuk melihat penguasaan siswa dalam menerima materi pelajaran.
  2. Djamarah dan Zain (2006) hasil belajar adalah apa yang diperoleh siswa setelah dilakukan aktifitas belajar.
  3. Hamalik (2008) hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat di amati dan di ukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat di artikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik sebelumnya yang tidak tahu menjadi tahu.
  4. Mulyasa (2008) hasil belajar merupakan prestasi belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan prilaku yang bersangkutan. Kompetensi yang harus dikuasai siswa perlu dinyatakan sedemikian rupa agar dapat dinilai sebagai wujud hasil belajar siswa yang mengacu pada pengalaman langsung.
  5. Winkel (dikutip oleh Purwanto, 2010) hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya.
  6. Sudjana (2010) menyatakan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar.
  7. Suprijono (2009) hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.

Segitu dulu ya definisi hasil belajarnya. Untuk daftar pustakanya, silahkan download di link yang telah di sediakan. Next time aku posting lagi definisi hasil belajar menurut para ahli lainnya. 


Silahkan mendownload versi PDFnya [Download]  
Daftar Pustaka Definisi hasil belajar menurut para ahli [Download]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar